Kecamatan Ciamis Gelar Sosialisasi dan Bimbingan kepada Pengurus dan Warga Karang Taruna

by Mas AHim

UNTUK melahirkan kader-kader handal yang paham terhadap organisasi Karang Taruna sebagai lembaga sosial dibawah garis komando pemerintahan dalam ikut serta mensejahterakan masyarakat dibidang sosial, Karang Taruna Kecamatan Ciamis menggelar sosialisasi dan pembimbingan Karang Taruna angkatan 1 dan 2 se-Kecamatan Ciamis, di Sekretariat Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Jalan Jendral Sudriman No 87, Ciamis, Minggu (24/02/2019).

Ketua Panpel, Utis Kustiaman yang juga Ketua Karang Taruna Kecamatan Ciamis mengatakan, kegiatan sosialisasi dan pembinaan ini merupakan program kerja Karang Taruna Kecamatan Ciamis yang melibatkan pengurus dan warga Karang Taruna di 7 Kelurahan dan 5 Desa di Kecamatan Ciamis.

“Sedikitnya 100 orang mengikuti kegiatan ini dengan harapan mereka paham tentang keberadaan Karang Taruna dan mampu menjalankan organisasi sesuai aturan yang ada, termasuk dalam tertib adimnistrasi,” katanya.

Diambilnya tempat sosialisasi di Sekretariat Kabupaten, menurut Utis, agar warga Karang Taruna lebih mengenal keberadaan Karang Taruna Kabupaten.

“Sekretariat ini rumah kita bersama, dan pengurus kabupaten siap berbagi informasi kepada seluruh warga Karang Taruna, jangan sungkan silahkan datang ke sekretariat ini,” kata Utis yang juga Pengurus Karang Taruna Kabupaten Ciamis itu.

Dijelaskannya, sosialisasi dan pembinaan ini mengambil tema “Dengan pembinaan organisasi kita perkuat peran Karang taruna yang berdaya saing guna membangun sinergi”.

Hadir sebagai pemateri, Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Ega Anggara yang menyampaikan materi tentang Kesekretariatan.

Dalam paparannya, Ega menegaskan, warga Karang Taruna harus paham terhadap alur adminidtrasi, mulai dari surat menyurat sampai pertanggungjawaban kesekretariatan.

Sementara pemateri lainnya, Wakil Ketua I Bidang Organisasi Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Andy Ali Fikri membahas seputar organisasi, mulai dasar organisasi, palsafah Karang Taruna dan tujuan organisasi Karang Taruna.

Kegiatan ditutup oleh pemateri ketiga yaitu Wakil Ketua II Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Nur Muttaqin yang dnegan singkat membahas Hubungan antar Lembaga.

Dijelaskannya, Karang Taruna harus menjalin hubungan baik dengan pemerintahan dan pihak lembaga swasta.

“Membangun sinergitas dengan pihak lain adalah modal utama warga Karang Taruna untuk menciptakan peluang-peluang kedepan dalam kemajuan dan pengembangan organiasi,” katanya.

Begitu juga hubungan dengan lingkungan sekitar, sinergitas dengan tokoh masyarakat akan mampu meningkatkan penguatan dan pengakuan keberadaan Karang Taruna.

“Pengakuan dari lingkungan terhadap eksistensi lembaga Karang Taruna akan memperkuat keberadaan Karang taruna di daerah,” tegasnya.*** Yun

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.
*
*