Karang Taruna Sadananya Satu Langkah Lebih Maju

by Yun CiamisZone

KARANG Taruna Kecamatan Sadanya bertekad untuk terus menambah pengetahuan warganya dengan harapan bisa satu langkah lebih maju dan bersinergi dengan BUMDes dan pemerintah.

Hal itu diungkapkan Ketua Karang Taruna Kecamatan Sadananya, Cucu Cahya S, A.Md dalam pembukaan Pelatihan Kewirausahaan dan Sinergitas Karang Taruna Kecamatan Sadananya yang memngambil tema “Pengetahuan Baru untuk Satu Langkah Lebih Maju” bagi 130 warga Karang Taruna se-Kecamatan Sadananya di Gedung Islamic Center Sadananya, Senin (25/02/2019).

Menurut Cucu, dengan pengetahuan yang ditransfer oleh lima pemateri diharapkan mampu diserap dan diaplikasikan dalam berorganisasi, sehingga warga Karang Taruna di 8 desa di Kec. Sadanya terus berkembang dan melangkah maju dimasa mendatang dan bersinergi dengan BUMDesa dan pemerintah, khususnya Pemerintahan Desa.

“Materi pelatihan diharapkan bisa diimplementasikan untuk membangun desa sekaligus mensejahterakan masyarakat, karena Karang Taruna dan BUMDes merupakan wadah yang jelas secara perundang-undangan dan aturan,” katanya.

Sementara Camat Sadananya, Hj. Aat Gustiawati menyambut baik program Karang Taruna yang melibatkan warganya dari 8 desa untuk bersinergi dengan pemerintahan desa sehingga mampu membangun desa bersama sama untuk kesejehtaraan semua.

“Semoga materi yang disampaikan oleh narasumber dalam pelatihan dan bimbingan ini akan menjadi wawasan baru untuk diterapkan membangun desa masing-masing,” katanya.

Sebelum membuka resmi acara tersebut, Camat Sadananya juga menitipkan sebuah pekerjaan rumah (PR) bagi warga Karang Taruna terkait pengelolaan sampah di Sadananya.

“Pengelolaan sampah adalah peluang usaha bagi warga Karang Taruna, silahkan kelola karena sampai saat ini belum ada yang konsen untuk menyelesaikan permasalahan sampah Sadananya. Ini adalah PR untuk Karang Taruna,” tegasnya seraya menambahkan, untuk penyelesaiannya Karang taruna bisa bekerjasama dengan BUMDes.

Dalam sambutannya, Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Ega Anggara menyambut baik peluang pengelolaan sampah yang diberikan oleh Camat sebagai peluang usaha Karang Taruna.

Menurutnya, peluang tersebut salah satu bentuk sinergitas Karang Taruna dengan pemerintah, karena kebijakan seperti inilah yang dibutuhkan oleh warga Karang Taruna dari pembinanya.

“Camat adalah pembina Karang Taruna Kecamatan, begitu juga di tingkat desa, para Kepala Desa adalah pembinanya, jadi mohon warga Karang Taruna di desa diberdayakan melalui kebijakan pembinanya masing-masing, termasuk sinergitas dengan BUMDes,” tegasnya.

Dalam pelatihan tersebut panitian menghadirkan lima narasumber diantaranya, Sekretaris HIPMI Kab. Ciamis yang juga Wakil Ketua II Karang Taruna Kab. Ciamis, Nur Muttaqin, SHI dengan materi Keorganisasian Karang Taruna dan BUMDes. Ketua Forum BUMDes Kab. Ciamis, Hj. Ade Sri Wulan menyampaikan materi Sinergitas Karang Taruna, BUMDes dan Pemerintahan Desa.

Narasumber lainnya, Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata Kab. Ciamis, Budi Kurnia, S.Ag, MM dengan materi Pengelolaan Destinasi Wisata.  Sedangkan narasumber dari Dinas Peternakan diwakili Yanto Supriyanto, S.Pt, MP dengan materi pelatihan pengelolaan ayam lokal ‘Sentul’. Dan narasumber dari Disperindag yaitu Ny. Syamsiar  S, S.Sos yang memaparkan materi terkait UMKM. ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.
*
*